Sam Altman: OpenAI CEO on GPT-4, ChatGPT, and the Future of AI

    TEKNOLOGI - Samuel Harris Altman ( lahir 1985) adalah seorang pengusaha , investor , dan programmer Amerika . Dia adalah salah satu pendiri Loopt dan CEO OpenAI saat ini. Dia adalah presiden Y Combinator dan sempat menjadi CEO Reddit .

    Kehidupan awal dan pendidikan 
    Altman adalah orang Yahudi, dan dibesarkan di St. Louis, Missouri . Ibunya adalah seorang dokter kulit. Dia menerima komputer pertamanya pada usia delapan tahun. Ia bersekolah di John Burroughs School . Pada tahun 2005, setelah satu tahun di Universitas Stanford belajar ilmu komputer, dia keluar tanpa mendapatkan gelar sarjana. 

    Karier
    Loop 
    Pada tahun 2005, pada usia 19 tahun,   Altman ikut mendirikan Loopt , sebuah aplikasi seluler jejaring sosial berbasis lokasi . Sebagai CEO , Altman mengumpulkan lebih dari $30  juta modal ventura untuk perusahaan; namun Loopt gagal mendapatkan daya tarik dengan cukup banyak pengguna. Pada bulan Maret 2012, diakuisisi oleh Green Dot Corporation seharga $43, 4  juta.  Bulan berikutnya, Altman ikut mendirikan Hydrazine Capital bersama saudaranya, Jack Altman.

    Penggabung Y 
    Altman menjadi partner di Y Combinator pada tahun 2011, awalnya bekerja di sana secara paruh waktu. Pada bulan Februari 2014, Altman ditunjuk sebagai presiden Y  Combinator oleh salah satu pendirinya, Paul Graham. Dalam postingan blog tahun 2014, Altman mengatakan bahwa total valuasi  perusahaan Y Combinator telah melampaui $65  miliar, termasuk Airbnb , Dropbox , Zenefits , dan Stripe. Pada bulan September 2016, Altman mengumumkan perannya yang diperluas sebagai presiden YC  Group, termasuk Y  Combinator dan unit lainnya. 

    Altman mengatakan bahwa dia berharap dapat mengembangkan Y  Combinator untuk mendanai 1.000 perusahaan baru per tahun. Ia juga mencoba memperluas jenis perusahaan yang didanai oleh YC, terutama perusahaan "hard technology". 

    Pada bulan Oktober 2015, Altman mengumumkan YC  Continuity, dana ekuitas senilai  $700 juta yang diinvestasikan di perusahaan YC saat mereka jatuh tempo. Seminggu sebelumnya, Altman telah memperkenalkan Y Combinator Research, sebuah laboratorium penelitian nirlaba, dan menyumbangkan $10 juta untuk mendanainya. YC Research sejauh ini telah mengumumkan penelitian tentang pendapatan dasar, masa depan komputasi, pendidikan, dan pembangunan kota baru.   

    Pada bulan Maret 2019, YC  mengumumkan transisi Altman dari presiden perusahaan ke peran yang tidak terlalu aktif sebagai Ketua Dewan, agar dia dapat fokus pada OpenAI. Keputusan ini diambil tak lama setelah YC mengumumkan akan memindahkan kantor pusatnya ke San Francisco. Mulai awal tahun 2020, dia tidak lagi berafiliasi dengan YC.

    OpenAI 
    Pada tahun 2020, Sam Altman telah meninggalkan Y Combinator untuk fokus penuh waktu pada OpenAI sebagai CEO. OpenAI awalnya didanai oleh Altman, Greg Brockman , Elon Musk , Jessica Livingston , Peter Thiel , Microsoft , Amazon Web Services , Infosys , dan YC  Research. Ketika OpenAI diluncurkan pada tahun 2015, OpenAI telah mengumpulkan $1  miliar. 

    Altman memberikan kesaksian di hadapan Subkomite Kehakiman Senat Amerika Serikat tentang Privasi, Teknologi, dan Hukum pada 16 Mei 2023 tentang masalah pengawasan AI.

    Reddit 
    Altman adalah CEO Reddit selama delapan hari pada tahun 2014 setelah CEO Yishan Wong mengundurkan diri. Dia mengumumkan kembalinya Steve Huffman sebagai CEO pada 10 Juli 2015.

    Worldcoin 
    Altman ikut mendirikan Tools For Humanity pada tahun 2019, sebuah perusahaan yang membangun sistem biometrik berbasis iris global menggunakan mata uang kripto , yang disebut Worldcoin . Tujuan Worldcoin adalah menyediakan cara yang andal untuk mengotentikasi manusia secara online, untuk melawan bot dan identitas virtual palsu yang difasilitasi oleh kecerdasan buatan.  Dengan menggunakan mekanisme distribusi untuk mata uang kriptonya yang mirip dengan UBI , Worldcoin berupaya memberi insentif kepada pengguna untuk bergabung dengan jaringannya dengan cara memindai iris mata mereka menggunakan pemindai iris berbentuk bola milik Worldcoin. 

    Pada bulan April 2022, sebuah laporan dari MIT Technology Review menyoroti praktik kontroversial Worldcoin di negara-negara berpenghasilan rendah, mengutip bahwa Worldcoin memanfaatkan orang miskin untuk mengembangkan jaringannya.

    Pada Mei 2023, TechCrunch melaporkan bahwa peretas telah berhasil mencuri kredensial masuk beberapa perangkat pribadi operator Worldcoin termasuk kredensial mereka ke aplikasi operator Worldcoin. Juru bicara Worldcoin mengatakan bahwa tidak ada data pengguna pribadi yang disusupi karena aplikasi operator tidak mengakses data pengguna.

    Investasi malaikat 
    Altman berinvestasi di startup teknologi dan perusahaan energi nuklir. Beberapa perusahaan portofolionya meliputi Airbnb , Stripe , Reddit , Asana , Pinterest , Teespring , Shoptiques , Instacart , Optimizely , Verbling , Soylent , dan Retro Biosciences. Ia juga ketua dewan Helion dan Oklo, dua perusahaan energi nuklir.

    Filantropi
    Selama pandemi COVID-19 , Altman membantu mendanai dan membuat Project Covalence untuk membantu para peneliti meluncurkan uji klinis dengan cepat dalam kemitraan dengan TrialSpark, sebuah startup uji klinis.

    Selama menjalankan deposan di Silicon Valley Bank pada pertengahan Maret 2023, Altman menyediakan modal untuk beberapa perusahaan rintisan.

    Politik
    Recode melaporkan bahwa Altman mungkin mencalonkan diri sebagai Gubernur California pada pemilihan 2018 , yang tidak dia ikuti. Pada tahun 2018, Altman mengumumkan "The United Slate", sebuah proyek politik untuk meningkatkan kebijakan perumahan dan perawatan kesehatan.

    Pada 2019, Altman mengadakan penggalangan dana di rumahnya di San Francisco untuk calon presiden dari Partai Demokrat 2020 Andrew Yang. Pada Mei 2020, Altman mendonasikan $250.000 ke American Bridge 21st Century , super-PAC pendukung calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden.

    Kehidupan pribadi 
    Altman telah menjadi vegetarian sejak kecil.  Dia gay  dan berkencan dengan salah satu pendiri Loopt Nick Sivo selama sembilan tahun; mereka bubar tak lama setelah perusahaan diakuisisi pada 2012. Pada 2023, rekannya adalah Oliver Mulherin, seorang insinyur perangkat lunak Australia. Altman tinggal di lingkungan Russian Hill di San Francisco dan memiliki rumah akhir pekan di Napa, California . 

    Altman adalah seorang prepper. Dia berkata pada tahun 2016: "Saya memiliki senjata, emas, potasium iodida, antibiotik, baterai, air, masker gas dari Angkatan Pertahanan Israel, dan sepetak tanah besar di Big Sur yang dapat saya kunjungi." 

    Pengakuan
    Altman dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia oleh majalah Time pada tahun 2023, salah satu "Pengusaha Muda Terbaik dalam Teknologi" oleh Businessweek pada tahun 2008, dan investor teratas di bawah 30 tahun oleh majalah Forbes pada 2015.

    Pada 2017, Altman menerima gelar Doctor of Engineering kehormatan dari University of Waterloo untuk mendukung perusahaan melalui program kewirausahaan Velocity. Belakangan tahun itu, GLAAD mengakui Altman dengan Penghargaan Ric Weiland untuk mempromosikan kesetaraan dan penerimaan LGBTQ di sektor teknologi.

    Altman diundang untuk menghadiri konferensi Bilderberg pada tahun 2016, 2022 dan 2023. (SolarBitSystems/ Wikipedia)

    sam altman openai gpt-4 chatgpt future of ai
    Updates.

    Updates.

    Artikel Sebelumnya

    Dr. Ing. Ilham Habibie: International University...

    Artikel Berikutnya

    Tampung Aspirasi Perubahan, SKI Tegal Gelar...

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Direktur dan Kepala UPM Pascasarjana IAI Diniyyah Pekanbaru Hadiri Munas dan AICIRE PPPAII di Bengkulu
    Apartemen Gardenia Bogor Diputus Pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat
    LBH Masyarakat Minangkabau Hadir di Kota Padang untuk Bantuan Hukum Masyarakat Miskin 
    Hak Pendidikan dalam UUD 1945: Kewajiban Negara dalam Menjamin Akses dan Kualitas Pendidikan bagi Warga Negara Indonesia
    Permendag RI No. 8 Tahun 2024 Tentang Perubahan Ketiga Atas Permendag No. 36 Tahun 2023 Tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor

    Tags